Saturday, October 4, 2008

YESUS nonton Sepak-bola

Yesus Kristus berkata bahwa Ia belum pernah menyaksikan pertandingan sepak-bola. Maka kami, aku dan teman-temanku, mengajakNya menonton. Sebuah pertandingan sengit berlangsung antara kesebelasan Protestan dan kesebelasan Katolik.Kesebelasan Katolik memasukkan bola terlebih dahulu. Jesus bersorak gembira dan melemparkan topinya tinggi-tinggi. Lalu giliran kesebelasan Protestan yang mencetak goal. Dan Jesus bersorak gembira serta melemparkan topinya tinggi-tinggi lagi.

Hal ini rupanya membingungkan orang yang duduk di belakang kami. Orang itu menepuk pundak Yesus dan bertanya: 'Saudara bersorak untuk pihak yang mana?''Saya?' jawab Yesus, yang rupanya saat itu sedang terpesona oleh permainan itu. 'Oh, saya tidak bersorak bagi salah-satu pihak, Saya hanya senang menikmati permainan ini.'Penanya itu berpaling kepada temannya dan mencemooh Yesus: 'Atheis!'


Sepulangnya, Yesus kami beritahu tentang situasi agama di dunia dewasa ini. 'Orang-orang beragama itu aneh, Tuhan,' kata kami. 'Mereka selalu mengira, bahwa Allah ada di pihak mereka dan melawan orang-orang yang ada di pihak lain.'Jesus mengangguk setuju, 'Itulah sebabnya


Aku tidak mendukung agama; Aku mendukung orang-orangnya,' katanya. 'Orang lebih penting ketimbang agama. Manusia lebih penting ketimbang hari Sabat.''Tuhan, berhati-hatilah dengan kata-kataMu,' kata salah seorang di antara kami dengan was-was. 'Engkau pernah disalibkan karena mengucapkan kata-kata serupa itu.' 'Ya —dan justru hal itu dilakukan oleh orang-orang beragama,' kata Yesus sambil tersenyum kecewa.


~ Anthony de Mello SJ. Dari: Burung Berkicau