Saturday, May 19, 2007

Membuat Terang Di Suatu Daerah Tertentu Menggunakan Photo Shop CS



Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih kepada FN yang telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk berkarya dan belajar fotografi di website tercinta ini. Juga terimakasih buat para senior yang selalu membantu saya dan telah membentuk saya di fotografi dengan saran-saran dan kritikannya yang membangun



Kadang kita mendapatkan gambar yang pada daerah tertentu kurang terang atau UE,
Sedangkan kita sendiri menginginkan daerah yang UE agar menjadi terang dengan pencahayaan yang cukup.



Contoh seperti gambar dibawah ini:

Gambar I.



Pada bagian yang ditunjuk panah berwarna merah yang kita inginkan agar menjadi agak terang.



Mari kita coba trik ini.



Langkah pertama, buka file gambar (Contoh seperti gambar I ).
Lalu buatlah Duplicate layer, Klik menu layer – Duplicate Layer – OK ( Bacground Copy ).Kemudian kita akan menyeleksi daerah yang kurang terang menggunakan Polygonal Lasso Tool.
Klik Polygonal Lasso maka akan muncul optional Feather.
Kemudian set nilai Feather, disini saya memakai angka 5px.




Gambar II



Setelah itu seleksi daerah yang UE.



Gambar III

Yakinkan daerah yang UE sudah terseleksi,
Lalu Klik, Image – Adjustments – Levels, coba masukkan nilai pada input level, saya memakai angka,
0 : 1,63 :216


Gambar IV



Kalau kita sudah merasa cukup terang daerah yang kita seleksi,
Tekan tombol Ctrl + D, untuk menghilangkan seleksi.



Langkah selanjutnya, kita harus melakukan setting Brightness dan Contrast-nya, Agar daerah yang kita ubah menjadi terang menyatu warnanya dengan warna fotto yang aslinya.Untuk setting Brightness & Contrast saya memakai nilai +25 untuk Brightness dan +18 untuk Contrast



Gambar V


Kalau sudah sesuai dengan apa yang kita rasa cukup seimbang warnanya, klik OK.


Dan kini daerah yang tadinya UE sudah terlihat terang dengan pencahayaan yang dapat kita atur dengan PhotoShop.

Selamat mencoba.




















No comments: